Everything You Should Know

Sharing my knowledge to the world

Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Sebelum Memilih Kontraktor di Palembang

Saat ini, semakin berkembangnya pembangunan di Palembang membuat semakin banyak orang maupun perusahaan yang menggunakan jasa kontraktor di palembang untuk membangun Gedung kantor, hotel, pertokoan, Mall, maupun rumah. Hal ini disebabkan karena kontraktor adalah ahlinya sehingga hasil bangunan memiliki jaminan kualitas.

f:id:adleysmith4:20200122162454j:plain

Jasa kontraktor sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang menginginkan standart kualitas bangunan, efisiensi pekerjaan, dan jaminan hasil pekerjaan. Kontraktor akan melaksanaakan pekerjaan bangunan sesuai yang anda harapkan dengan desain, biaya, dah hasil bangunan yang serupa dengan perencananya.

Jika anda akan membuat bangunan besar atau bangunan yang memiliki banyak lantai maka memilih mempercayakan pekerjaan tersebut kepada kontraktor adalah pilihan yang tepat. Kontraktor adalah ahlinya dalam membuat bangunan.

Sebelum anda membuat kontrak dengan perusahaan kontraktor di palembang, pastikan anda menanyakan beberapa pertanyaan berikut ini untuk mengetahui kualitas dan profesionalisme dari perusahaan kontraktor tersebut.

Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Sebelum Memilih Kontraktor di Palembang

  1. Izin Perusahaan

Pertanyaan wajib yang pertama adalah menanyakan tentang izin operasi perusahaan kontraktor. Perusahaan kontraktor wajib memiliki izin usaha, jika mereka tidak memiliki ijin usaha maka jangan anda gunakan kontraktor tersebut karena tidak memiliki legal hukum yang jelas.

f:id:adleysmith4:20200123003153j:plain

Izin perusahaan ini sangat penting karena didalamnya terdapat peraturan dalam penggunaan tenaga profesional dalam pekerjaanya.

Contoh:

Jika sebuah kontraktor memiliki proyek dengan nominal diatas Rp. 10.000.000.000 (10 miliar rupiah), maka kontraktor tersebut minimal harus memiliki 2 orang tenaga ahli profesional yang memiliki SKA (Sertifikat Keahlian) dengan kualifikasi Ahli Madya (gelar vokasi yang diberikan kepada lulusan diploma 3).

  1. Desain dan Analisis Anggaran

Tanyakan kepada kontraktor tentang desain dan analisis anggaran yang mereka miliki atau mereka tawarkan kepada anda. Meskipun anda sudah memiliki desain sendri, menanyakan hal ini juga penting untuk mengetahui kemampuan perusahaan kontraktor palembang tersebut.

f:id:adleysmith4:20200123003238j:plain

Selanjutnya, anda bisa sharing atau melakukan komparasi terhadap desain yang mereka tawarkan dengan desain yang anda miliki. Lakukan konsultasi desan dan analisis anggaran secara matang dan mendetail.

  1. Sistem Pembayaran

Jangan lupa tanyakan sistem pembayaran yang dilayani oleh perusahaan kontraktor tersebut. Apa saja tawaran pembayaran yang mereka miliki.

Sedikit gambaran tentang sistem pembayaran perusahaan kontraktor, biasaya ada 2 sistem pembayaran yang lazim di gunakan, yakni sistem pembayaran termin dan sistem pembayaran cost and fee.

Sistem pembayaran termin adalah sistem pembayaran yang biasanya menggunakan mekanisme 4 tahap. Misalkan di awal anda membayar DP sebesar 20% - 30%, kemudian setelah ada progres pekerjaan hingga 30% anda membayar lagi 20%, setelah progres 50% anda membayar lagi, dan seterusnya. Anda dapat menentukan bagaimana termin itu dibayarkan sampai bangunan selesai.

Sistem pembayaran cost and fee adalah kontraktor berperan sebagai pengelola proyek. Biasanya kontraktor yang menggunakan sistem ini akan mengambil 10% dari besaran nilai proyek. Sebelum membuat kontrak, kontraktor akan membuat anggaran sehingga cash flow proyek perbulan dapat ditentukan sehingga konsumen mengetahui berapa anggaran yang harus di siapkan tiap bulannya.

  1. Perjanjian yang Anda Inginkan

Pertanyaan wajib terahir adalah perjanjian atau kontrak dengan perusahaan kontraktor. Pastikan anda membuat kontrak yang jelas dan menyangkup banyak hal. Dokumen perjanjian kontrak memiliki banyak pasal dan pastikan anda jeli untuk melihat kemungkinan yang terjadi baik dalam masa pembangunan maupun setelahnya.

Perhatikan poin perjanjian jika terdapat kenaikan harga barang, kemanan dalam proses pekerjaan, denda dan sangsi, lamanya proses pekerjaan, sistem pembayaran, masa pemeliharaan hasil pekerjaan, dan penyelesaian perselisihan.

Itulah 4 poin yang sebaiknya anda tanyakan kepada kontraktor sebelum anda memilihnya dan mempercayakan pekerjaan kepada perusahaan kontraktor di palembang.